Loading...

Sabtu, 16 April 2011

Dasar Pemblajaran C#(C shap)

csharpPada bab ini penulis berusaha membahas mengenai tata cara penulisan program C#, sekaligus memperkenalkan features Integrated Development Environment (IDE) C#. Bagi pembaca yang sudah terbiasa menggunakan VB.Net atau yang sudah familier dengan feature Visual Studio.Net, bisa langsung membaca bab 3 tanpa perlu membaca bab ini.

Seperti contoh-contoh aplikasi dibuku-buku yang lain, contoh aplikasi yang akan kita buat disini adalah membuat “Hello Word”. Dari contoh aplikasi sederhana ini, diharapkan pembaca tahu bahwa membuat logika program di C# ternyata sama saja dengan logika program-program yang lain.


2.1.Membuat Project Baru


Untuk membuat project baru, anda bisa memulai dengan membuka Visual Studio.Net. Setelah aplikasi tersebut sudah running, maka akan muncul start page. Pada start page tersebut terdapat 3 tab yaitu Projects, Online Resource dan My Profiles. Projects berisi informasi aftar project-poject terakhir yang pernah dibuat. Pada bagian Online Resource terdapat beberapa hiperlink penting seperti Online Community, Web Hosting, Downloads dan lain sebagainya. Untuk bisa menggunakan hiperlink-hiperlink tersebut, anda diharuskan terkoneksi dengan internet. Sedangkan My Profiles berisi setting personalized yang berupa setting keyboard scheme, setting  window layout serta setting help filter.


Model dari start page tersebut dapat anda lihat pada gambar dibawah ini 

bab_2_1
Gambar 2.1 : Start Page
Untuk membuat project baru, silahkan click New project untuk menampilkan dialog new project seperti gambar dibawah ini
bab_2_2
Gambar 2.2 : Start Page
Dalam dialog New Project tersebut anda dapat memilih jenis aplikasi yang akan dibuat termasuk bahasa pemrograman apa yang akan anda gunakan. Adapun jenis-jenis model aplikasi yang tersedia adalah sebagai berikut :
  • Windows Application : adalah aplikasi yang paling umum dibuat, menggunakan interface windows dimana dalam Windows Application ini dapat berisi form, class, XML file, maupun file VB Script dan Jscript.

  • Class Library : berbeda dengan windows application pada class library  ini tidak memiliki interface tertentu, akan tetapi class library dapat diakses oleh aplikasi lain untuk menjalakan berbagai fungsi yang terdapat di dalamnya. Class Library dapat disamakan dengan teknologi ActiveX DLL (.dll) dan ActiveX EXE dalam  pemrograman VB6.

  • Windows Control Library : Windows Control Library ini sama dengan ActiveX Control (.ocx) dalam pemrograman VB6. Fasilitas ini disediakan oleh Visual Studio.Net yang digunakan oleh para developer untuk  berkreasi membuat kontrol sendiri dan memasukkan berbagai fungsi yang diinginkan di dalam kontrol tersebut.

  • ASP .NET Web Application : adalah project yang digunakan untuk membuat aplikasi web. Teknologi yang digunakan adalah ASP .NET yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan ASP versi sebelumnya. Perubahan utamanya adalah dapat diprogram menggunakan berbagai bahasa .NET seperti VB, C++, C# maupun J#. ASP .NET juga menyediakan berbagai kontrol yang bersifat event drivent programming sehingga lebih menghemat waktu pembuatan aplikasi.

  • ASP .NET Web Service : Web service merupakan salah satu ide utama dalam .NET. Anda dapat membuat web service dan meletakkannya di web server untuk diakses berbagai aplikasi. Sebuah web service dapat diakses oleh aplikasi windows, web, console, maupun mobile device. Web service hampir sama dengan Class Library, perbedaan utamanya adalah web service tersebut diletakkan di web server sehingga dapat diakses dengan lebih mudah dan tidak terbatas pada aplikasi berbasis windows saja.

  • Console Application : merupakan aplikasi dengan tampilan text mode atau DOS (Disk Operating System). Aplikasi jenis ini biasa digunakan sebagai monitoring service atau remote application yang berguna untuk menghemat sumber daya komputer dan bandwith jaringan.

  • Windows Service : adalah aplikasi yang berjalan sebagai service di windows, dimana aplikasi ini akan di load bersamaan dengan proses start up windows. Aplikasi ini berjalan di background dan biasanya tidak memiliki interface. Penerapan aplikasi ini misalnya untuk pembuatan scanning antivirus, remote server dan lain sebagainya.

  • Web Control Library : Hampir sama dengan Windows Control Library tetapi digunakan untuk aplikasi web.
2.2..Net IDE
Integrated Development Environmet (IDE), adalah sebuah interface yang digunakan untuk merancang sekaligus menuliskan statement-statement program. Bentuk dari IDE tersebut dapat anda lihat pada gambar dibawah ini

bab_2_3

Gambar 2.3 : .Net IDE
Dalam dunia Visual Studio.Net, semua bahasa pemrograman yang ada menggunakan IDE yang sama. Jadi para programmer C#, VB.Net, J#, C++ juga akan menggunakan interface yang sama ketika mereka merancang dan membuat program.
IDE Visual Studio.Net didesain agak berbeda berbeda dengan IDE di Visual Basic 6. Perbedaan tersebut bisa anda lihat pada tampilan Properties, Toolbox, Solution Exlorer dan lain sebagainya yang bisa di-autohide. Hal ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk menghemat tempat sehingga developer dapat mendesain interface programnya dengan window yang lebih lebar.
Secara garis besar IDE Visual.Studio.Net terdiri dari beberapa bagian yaitu :
1)Menu
Seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya, Visual Studio.Net dilengkapi dengan menu-menu yang berisi beberapa pilihan yang berupa File, Edit, View, Project dan lain sebagainya.

2)Toolbar

Toolbar ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Toolbar berfungsi sebagai shortcut yang bertujuan untuk mempercepat pengaksesan terhadap menu.
3)Solution Explorer
Solution Explorer ini berisi daftar project-project yang sedang dikerjakan. Jika anda familier dengan Project Explorer di Visual Basic 6, maka di Visual Studio.Net tentunya anda sudah tidak asing lagi. Perbedaanya jika di Visual Basic 6 hanya terdapat satu bahasa pemrograman yaitu Visual Basic, maka di Solution Explorer ini anda bisa membuat beberapa project dengan berbagai macam bahasa pemrograman yang tersedia di Visual Studio.Net.

4)Toolbox

Toolbox merupakan daftar control atau component yang dapat dipasang pada sebuah form. Pada toolbox tersebut bisa berisi daftar component standart, 3th party component, maupun component buatan anda sendiri.

5)Properties Window

Sama seperti Visual Basic 6, properties window ini berfungsi untuk mengatur property-properti form maunpun control yang anda pasang di form seperti color, backcolor, text, font dan lain sebagainya. 

6)Server Explorer

Fasilitas ini merupakan fasilitas baru dan tidak ada di Visual Basic 6. Server explorer ini berfungsi untuk menampung daftar koneksi ke berbagai macam sumber data (datasource) dari berbagai macam database engine mulai dari MS-Access, SQL server, Oracle dan lain sebagainya.

2.3.Membuat Coding


Setelah anda mengenal IDE Visual Studio.Net, sekarang anda akan diajak untuk membuat aplikasi pertama kali menggunakan C#. Seperti biasa aplikasi pertama yang akan kita buat adalah aplikasi dengan tittle Hello Word. Silahkan anda rancang interface aplikasi tersebut seperti gambar dibawah ini.


bab_2_4

Gambar 2.4 : Hello Word

Control yang terpasang pada form tersebut diatas adalah Button dan LinkLabel. Ubah property-property control tersebut seperti dibawah ini. 
ControlPropertyProperty Value
ButtonTextClick me
FlatStyleSystem
LinkLabelTextClick me
FlatStyleSystem
TextAlignMiddleCenter

Langkah selanjutnya andalah double click pada Button yang sudah anda buat tersebut, setelah itu anda akan dibawa ke window view code. Pada view code tersebut secara otomatis akan disediakan sebuah event button1_Click, seperti dibawah ini :

  1. private void button1_Click(object sender, System.EventArgs e)  
  2. {  
  3.   
  4. }  

Masih didalam event button1_click tersebut, tambahkan perintah seperti ini.

  1. private void button1_Click(object sender, System.EventArgs e)  
  2. {  
  3.     MessageBox.Show(this,"Hello Word");  
  4. }  

Untuk mencoba aplikasi baru anda, pilih menu Debug->Start, atau tekan tombol F5. Setelah form tersebut selesai dieksekusi coba click tombol click me. Seharusnya jika anda tidak salah mengetikan programnya, maka akan muncul sebuah MessageBox dengan isi “Hello Word”. Hal yang sama bisa anda lakukan untuk menambahkan event pada control LinkLabel. Sampai disini anda sudah bisa membuat aplikasi pertama menggunakan C#, sangat mudah bukan?

Telah disebutkan diatas, dalam visual studio .Net masih menyediakan console application. Console application ini merupakan tool untuk membuat aplikasi berbasis text mode. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi DOS, tentunya sudah tidak asing lagi dengan console application ini.

Disini saya akan mencoba menunjukkan bagaimana cara membuat aplikasi konsol. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.Buka visual studio .net anda, kemudian pilih menu File -> New -> Project.
2.Pada kolom Project Type pilih Visual C# Projects, pada kolom Templates pilih Console Application.
3.Secara default nama project anad akan terisi ConsoleApplication1. Silahkan anda ganti namanya sesuai dengan selera anda. Jangan lupa sesuaikan direktori untuk menyimpan simpan project anda pada path yang tersedia di computer anda. Selanjutnya click button OK.
4.Setelah langkah ke 3 selesai anda lakukan, maka di layer monitor anda akan muncul beberapa baris program seperti dibawah ini.
  1. using System;  
  2. namespace ContohAplikasiConsole  
  3. {  
  4.     ///   
  5.     /// Summary description for Class1.  
  6.     ///   
  7.     class Class1  
  8.     {  
  9.         ///   
  10.         /// The main entry point for the application.  
  11.         ///   
  12.         [STAThread]  
  13.         static void Main(string[] args)  
  14.         {  
  15.             //  
  16.             // TODO: Add code to start application here  
  17.             //  
  18.         }  
  19.     }  
  20. }  

Anda dapat menambahkan kode program didalam static void Main. Contoh :

  1. using System;  
  2. namespace Example1  
  3. {  
  4.     ///   
  5.     /// Summary description for Class1.  
  6.     ///   
  7.     class Class1  
  8.     {  
  9.         ///   
  10.         /// The main entry point for the application.  
  11.         ///   
  12.         [STAThread]  
  13.         static void Main(string[] args)  
  14.         {  
  15.             //  
  16.             // TODO: Add code to start application here  
  17.             //  
  18.             Console.WriteLine("Halo...Nama Saya Eko Heri");  
  19.             Console.ReadLine();  
  20.         }  
  21.     }  
  22. }  

Untuk menjalankan aplikasi ini, silahkan pilih menu Debug-> Start atau tekan tombol F5.


By@Si OTAK MATI

0 komentar:

Posting Komentar

Thankz For Your Koment

 
Design by Free NATTA Themes | Powerted by NATTA - Premium WordPress Themes | SiotakMati Corpuration